Assalammualaikum Insan Islam, kajian pada kesemapatan kali ini akan berdiskusi mengenai riba. Ya insan Islam mana yang tidak tahu dengan sebutan yang satu ini. Kali ini yuk Kita berdiskusi mengenai Hukum Riba dalam Islam serta apa sih pengertian Riba, dan apa saja Macam-Macam Riba.

Untuk itu simak kajian kali ini ya,

Hukum Riba Dalam Islam Beserta Pengertian dan Macamnya

Tahukah Kamu? kita menjalani kehidupan di dunia ini tentunya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya transaksi ekonomi. Kegiatan tersebut seperti jual beli barang, investasi, pinjam meminjam uang dan masih banyak lainnya.

Tetapi apakah kamu sadar kalu bisa saja transaksi yang sedang kamu lakukan itu termasuk ke dalam Riba? Supaya kamu tidak salah jalan dan tetap berada dijalan yang benar untuk itu InsanIslam.com akan membahas Hukum Riba Dalam Islam, baik Pengertian riba, atau macam-macam riba.

Pengertian, Macam-Macam, dan Hukum Riba dalam Islam

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang riba, alangkah baiknya kamu harus memahami apa yang dimaksud dengan riba ini.

Baca juga: Hukum Berpacaran dalam Islam dan Dalilnya

Pengertian Riba dan Contohnya

Secara etimologis riba memiliki arti tambahan, mudahnya riba adalah penambahan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan bunga terntentu.

Contoh dari riba yang sudah Kami jelaskan adalah misal, saya meminjam uang kepada kamu sebesar Rp100.000. Kemudian kamu memberikan pinjaman kepada saya, nah akan tetapi pada saat pengembalian kamu menambahkan bunga peminjaman sebesar 50%. Sehingga saya harus mengembalikan uang kepada kamu sebesar Rp150.000.

Ini contoh kecil atau contoh mudah dari Riba yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Macam-Macam Riba dan Contohnya

Hukum Riba dalam Islam Beserta Pengertian dan Macamnya

Setelah mengetahui pengertian riba secara umum, kamu juga harus mengetahui macam-macam riba. Berikut ini adalah pengertian riba dan macam-macam riba.

1. Pengertian Riba Fadhl

Riba ini terjadi ketika pertukaran barang dengan kualiatas dan kuantitas yang berbeda. Barang ribawi ini disebutkan dalam hadist HR. Muslim No,1584 yaitu emas, perak, gandum, sya’ir, kurma dan garam. Jika tidak ingin riba makan kualitas dan kuantitas barang yang akan ditukar haruslah sama, contohnya kurma 2kg ditukar dengan 2kg.

2. Pengertian Riba Qardh

Riba  qardh ini seperti yang sudah saya jelaskan pada awal yaitu penambahan. Contoh riba qardh yaitu saya meminjam uang kepada rentenir sebesar Rp50.000 tetapi pada saat pengembalian saya harus mengembalikan uang tersebut sebesar Rp80.000.

3. Pengertian Riba Yad

Riba yad adalah perbedaan nilai atu harga transaksi secara kredit dan kontan tanpa ada kesepakatan harga diantara keduanya. Agar lebih untuk dipahami saya beri contoh, misal saya akan membeli mobil ke kamu seharga Rp80.000.000 secara kontan dan Rp100.000 secara kredit, namun sampai kita berpisah tidak ada kesepakatan harga yang akan dibayarkan. Akan tetapi jika kita telah menyepakati salah satu harga maka riba tidak terjadi.

Mari Diskusi6 Asas-Asas Transaksi Ekonomi Dalam Islam

Dasar Hukum Riba dalam Islam

Hukum riba menurut islam adalah Haram, karena merugikan salah satu pihak. Yang kaya menjadi kaya dan yang miskin malah tertindas oleh yang kaya ini.

Baca juga: Doa Memohon Kesembuhan dari Berbagai Macam Penyakit

Hukum Riba dalam Islam Beserta Pengertian dan Macamnya

Riba banyak dijelaskan dalam Al-Quran salah satunya dalam Surat Al Baqarah ayat 276 dan 278 yang menunjukan bahwa Allah tidak menyukai orang riba, karena riba tidak akan menambah harta kamu justru bersedekahlah yang membuat hata kamu berkembang.

Hukum Bunga Bank

Hukum Riba dalam Islam Beserta Pengertian dan Macamnya

Bunga bank menjadi dasar keuntungan yang didapat oleh suatu bank konvensional untuk menutup biaya operasional mereka. Bunga bank memiliki manfaat kepada bank itu sendiri dan kepada nasabah seperti berikut.

  1. Bunga pinjaman adalah salah satu bentuk balas jasa dari nasabah kepada bank atas produk yang dibeli atau digunakan oleh nasabah.
  2. Bunga simpanan merupakan nilai yang harus dibayarkan oleh bank kepada nasabah yang mempunyai simpanan.

Walaupun seperti itu bunga bank konvensional haram hukumnya dalam dalam islam karena termasuk ke dalam riba. Dan pada hakikatnya bunga bank ini akan memberatkan kepada peminjam.

Demikianlah pembahasan mengenai hukum riba dalam islam serta pengertian riba dan macamnya, semoga dengan ini dapat menambah ilmu serta wawasan teman-teman. Bila ada kesalahan tolong dikoreksi dengan cara berkomentar dibawah.

Kurang Sependapat Dengan Kajian Hukum Riba Dalam Islam Beserta Pengertian InsanIslam.com?

Hukum Riba Dalam Islam Beserta Pengertian dan Macam-Macamnya
Hukum Riba Dalam Islam Beserta Pengertian dan Macam-Macamnya

Kamu kurang sependapat dengan kajian Hukum Riba Dalam Islam Beserta Pengertian dari InsanIslam.com? Yuk kita saling berbagai mengenai ilmu Agama Islam.

Tentu materi kajian Insan Islam kali belum lengkap, mengingat Kami juga membutuhkan sumbangan kontributor untuk mengisi konten media Kami. Jika Kamu memiliki materi dan ahli pada materi tersebut, silahkan mengajukan diri menjadi kontributor InsanIslam.com.

Semoga dengan banyaknya kontributor konten pada Media Islam Masa Kini bisa memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai Islam yang damai dan Indah. Mari bersama bergabung dan melengkapi materi Hukum Riba Dalam Islam Beserta Pengertian dan Macam-Macamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *