Ini Dia 5 Keutamaan Sholat Dhuha Serta Niatnya

Insanislam.com – Tahukah kamu? Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang telah Allah SWT syariatkan untuk dikerjakan. Tentunya ada banyak keutamaan shalat Dhuha yang bisa di.

Meskipun sholat dhuha ini bersifat sunnah, namun ibadahnya sangat dianjurkan loh. Kenapa demikian? karena shalat ini bisa menyempurnakan ibadah shalat wajib yang terkadang tidak dapat sempurna pahalanya.

Mengenal Waktu Pelaksanaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha Serta Niat dan Tata Caranya
Keutamaan Sholat Dhuha Serta Niat dan Tata Caranya

Perlu kamu ketahui, waktu pelaksanaa shalat dhuha dimulai dari terbitnya matahari hingga menjelang matahari tergelincir (zawal). Bisa dilaku Dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa Allah berfirman, “Wahai Bani Adam, shalatlah empat rakaat untuk-Ku di awal siang hari, niscaya aku menjagamu di sisa hari tersebut.”

Menurut Ustadz M. Syukron Maksum yang dilansir dari tribunnews.com, waktu pelaksanaan sholat dhuha dimulai ketika matahari telah naik setinggi 7 hasta, yaitu sekitar pukul 7.00 waktu setempat sampai dengan menjelang waktu dzuhur.

Waktu dhuha berakhir dengan tergelincirnya matahari yang menjadi awal waktu dzuhur. Adapun jeda sebelumnya diberlakukan karena adanya larangan shalat sebelum tergelincirnya matahari. Adapun waktu utama untuk melaksanakan shalat dhuha adalah di akhir waktunya.

Apa Saja Sih Keutamaan Sholat Dhuha?

Setiap ibadah yang disyariatkan Allah swt pasti memiliki maksud dan tujuan tertentu, tak terkecuali Sholat Dhuha. Berikut keutamaan Sholat Dhuha.

1. Keutamaan Shalat Dhuha: Ampunan Dosa

Imam at Tirmidzi dan Ibnu Majah dalam riwayatnya menjelaskan bahwa orang yang membiasakan salat duha dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan. Rasulullah bersabda: Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir Al-Juhani radhiallahu ‘anhu, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa Allah berfirman, Wahai Bani Adam, shalatlah untuk-Ku di awal siang hari sebanyak empat rakaat, niscaya Aku menjagamu di sisa hari tersebut.” (Hr. at-Tirmidzi, Kitab Shalat, Bab Ma Ja`a fi Shalat Dhuha, no. 475; Abu Isa berkata, “Hadits hasan gharib;” hadits ini dinilai shahih oleh Ahmad Syakir dalam tahqiq beliau atas kitab at-Tirmidzi, sert al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi: 1/147)

2. Keutamaan Shalat Dhuha: Terhindar dari Sifat Lalai

Setiap orang tentu tidak ingin dianggap sebagai orang lengah ataupun lalai dalam hal mencari rahmat Tuhan.

Salah satu cara agar terhindar dari sifat lalai adalah mengerjakan salat duha. Rasulullah ﷺ bersabda: “Orang yang mengerjakan salat duha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

3. Keutamaan Shalat Dhuha: Sedekah bagi Tubuh

Menjalankan sholat dhuha juga menjadi sedekah bagi yang melaksanakannya. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ.

“Dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau telah bersabda, “Setiap hari bagi setiap persendian dari salah seorang di antara kalian terdapat kewajiban untuk bersedekah. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf nahi munkar adalah sedekah. Semua itu tercukupkan dengan dua rakaat shalat yang dilakukan di waktu dhuha.” (Hr. Muslim, Kitab Shalat al-Musafirin wa Qashruha, Bab Istihbab Shalat ad-Dhuha, no. 720)

4. Salatnya orang-orang yang kembali (bertaubat) alias taat

Keutamaan Sholat Dhuha Kalau kamu merutinkan salat dhuha maka namamu akan menjadi salah satu yang dicatat sebagai orang-orang yang taat.

5. Berpahala seperti orang pergi haji dan umroh

Keutamaan salat dhuha yang sebelumnya telah didahului salat shubuh berjamaah dan dzikir hingga terbit matahari adalah seperti mendapat pahala seperti orang pergi haji dan umrah.

Bagaimana Bacaan Niat Sholat Dhuha dan Tata Caranya?

Berikut bacaan niat sholat dhuha:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Yang artinya: “Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Sedangkan untuk tata cara sholat dhuha adalah sebagai berikut.

  • Setelah membaca niat,
  • dilanjutkan dengan takbirotul ihram,
  • membaca doa iftitah,
  • dan seterusnya seperti salat biasanya.

Untuk surat yang dibaca, diutamakan membaca surat Adh-Dhuha, Al-Lail, Asy-Syamsu, dan Asy-Syarh. Setelah diakhiri dengan dua kali salam, lalu dilanjutkan dengan dzikir dan ditutup dengan membaca doa salat dhuha.

Baca juga : Apa Hukum Pacaran dalam Islam? Ini Di Jawabannya!

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga para insan Islam yang diberikan kesehatan akal dan fisik bisa menjalankan ibadah sholat dhuha serta mendapatkan keutamaan sholat dhuha dari Allah SWT. Aamiin.